Author Topic: Napak Tilas Perjalanan Genshiken  (Read 292 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline kerjain

  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 362
Napak Tilas Perjalanan Genshiken
« on: December 08, 2006, 12:30:26 AM »
Yah supaya setiap anggota tahu gimana sih Genshiken dulunya. Gimana proses berdirinya, pas OHU pertama gimana, kapan dapet pembimbing dll.

Silakan temen - temen baca topik - topik lama (tertanggal tahun 2005), terutama pada "Official News",  "Thread Khusus Buat Unit Genshiken", dan "Pengurus Only". Banyak kok dibahas disitu.

Ntar Insya Allah saya postingin dan dibikin sticky mengenai hal - hal lain yang kira - kira dianggap penting yang merupakan pengetahuan dasar anggota Genshiken mengenai unitnya sendiri.

Pada topik ini, akan saya postingin dokumen - dokumen bernilai sejarah bagi Genshiken.

Semoga temen - temen bisa tahu mengenai sejarah Genshiken dan memaknai maksud mbah - mbah mendirikan Genshiken sehingga kita bisa melanjutkan perjuangan para pendiri, menuju Genshiken yang maju.

Edit :
Topik "AD/ART Genshiken" dah aku bikin sticky di thread "Pengurus Only"
« Last Edit: December 08, 2006, 12:55:02 AM by kerjain »
SANTAI ITU PERLU TAPI SERIUS YANG BIKIN MAJU !!!!
So my dear friends, are we just gonna sit down and keep hoping "he/she will do the job, I'll just relax here and watch anime"???
This is our club!!!!, this is our community!!!, this is our family !!!
[

Offline kerjain

  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 362
Re: Napak Tilas Perjalanan Genshiken
« Reply #1 on: December 08, 2006, 12:53:06 AM »
Deskripsi Unit Genshiken dalam perspektif salah seorang sesepuh kita, s2d4theworld, yang diajukan pada salah satu rapat perencanaan pembentukan Genshiken di kantin tambang (ga inget tanggal berapa dan pertemuan keberapanya, sekitar pertengahan 2005):

Ini hanya sekedar deskripsi genshiken yg >gw< bayangin. masih tetep harus diomongin lagi sama anak2
tolong perbaiki juga bahasa dan istilah2nya.

Latar Belakang

   Sebagai sebuah budaya visual, anime (film animasi), manga (komik), dan game yang berasal dari Jepang telah banyak mempengaruhi wajah budaya visual modern dunia saat ini. Pengaruh terkuat yang dirasakan oleh para penikmatnya adalah dari segi nilai artistiknya dan juga muatan pesan dan kisah yang disampaikannya. Di lain pihak, Indonesia sebenarnya juga tidak kalah baik itu dari segi ketrampilan sumber daya manusianya maupun teknologinya. Yang belum bangsa kita miliki adalah kemampuan untuk menimbulkan daya tarik yang mampu membuat banyak orang dari dalam maupun luar negeri agar mau menikmati dan mengapresiasi karya-karya visual buatan dalam negeri.
   
Tujuan

   Society for the Study of Modern Visual Culture (Gendai Shikaku Bunka Kenkyuukai aka Genshiken) didirikan untuk mempelajari dan sekaligus menyikapi kemajuan teknologi dalam budaya visual baik itu berupa anime, manga, maupun game khususnya yang berasal dari Jepang. Tujuan-tujuan yang ingin diraih melalui wadah Genshiken adalah sbb:
   - Menggeser opini masyarakat bahwa film animasi, komik, maupun game bukan hanya murni sebagai hiburan anak2 belaka, tetapi juga bisa menjadi alat yang ampuh dalam menyampaikan muatan2 moral dan budaya dan dapat ditargetkan kepada semua kalangan usia dan strata sosial.
   - Mengeksplorasi teknik pembuatan film animasi, komik, dan game baik dari segi teknologi maupun penciptaan kisahnya agar dapat diadaptasi dengan kebudayaan lokal.
   - Mengadakan kegiatan2 masal untuk mempromosikan film animasi, komik dan game sebagai budaya visual bagi semua kalangan masyarakat.

Kegiatan
   Ekstern
   - Bursa Komik
   - Pemutaran Film Animasi
   Intern
   - Subtitling film animasi/komik jepang yang belum dilisensi untuk disebarkan.
   - Eksplorasi untuk pembuatan film animasi pendek
   - Eksplorasi untuk pembuatan komik
   - Eksplorasi untuk pembuatan game komputer
   - Pengadaan server untuk menyajikan hasil kreativitas anggota agar dapat diakses dalam lingkungan ITB
SANTAI ITU PERLU TAPI SERIUS YANG BIKIN MAJU !!!!
So my dear friends, are we just gonna sit down and keep hoping "he/she will do the job, I'll just relax here and watch anime"???
This is our club!!!!, this is our community!!!, this is our family !!!
[

Offline kerjain

  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 362
Re: Napak Tilas Perjalanan Genshiken
« Reply #2 on: December 08, 2006, 12:59:40 AM »
Ini permintaan anak - anak 2005 pada saat Tugas Akhir PAB untuk promosi Genshiken kepada peserta acara. Sebagai informasi, mereka ditugaskan membuat suatu acara dengan lingkup budaya visual modern. Teman - teman 2005 memutuskan membuat acara nonton bareng untuk umum dinamai "Akiramenai". Walopun akhirnya karena satu dan laen hal, tulisan ini ga kepake, tapi tetep merupakan dokumentasi penting.

Genshiken
Gendai Shikakubunka Kenkyuukai
Kelompok Studi Budaya Visual Modern


Kapan unit mulai berdiri ?
25 Juni 2005 (sesuai yang tertera di AD/ART)

Alasan Berdiri ?
Mahasiswa ITB ternyata banyak yang menggemari budaya visual modern (anime, manga, PV, film dll) sebagai hobi mereka. Oleh karena itu, Genshiken didirikan sebagai wadah bagi mahasiswa ITB yang ingin mengembangkan potensinya di bidang budaya visual modern.

Genshiken ngapain aja?
1. Diskusi segala hal yang berkaitan dengan budaya visual modern (anime, manga, film. dorama, PV dll) seperti informasi terbaru, perkembangan, perbandingan, nilai2 moral yang dapat diambil dll
2. Melakukan fansubbing terhadap budaya visual modern seperti anime, manga, PV dll
3. Mewacanakan kepada masyarakat tentang isu2 yang berkembang di dunia visual modern seperti tidak semua anime untuk anak2, ketidakkonsistenan penayangan anime di stasiun televisi, lisensi anime di Indonesia dll
4. Mengembangkan potensi keorganisasian seperti kepemimpinan, kerjasama, komunikasi dll lewat kepengurusan unit, kepanitian kegiatan, interaksi dengan komunitas lain dll yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat

Apa yang bisa dibanggain dari Genshiken?
1. Telah menghasilkan produk fansubbing anime Tsubasa Reservoir Chronicles episode 1-9, manga School Rumble, dan sejumlah PV/Video Clip J Pop
2. Memiliki server penampung anime sebesar 1,32 TB dan akan terus bertambah
3. Memiliki koneksi ke komunitas sejenis di luar ITB, baik dalam maupun luar negeri

Proses berdiri?
Di ITB, ternyata terdapat banyak mahasiswa yang menggemari budaya visual modern seperti anime, manga, film barat dan lain - lain. Didasarkan pada kesamaan hobi tersebut, mereka saling berinteraksi untuk saling berdiskusi dan berbagi. Hal tersebut kebanyakan dilakukan di dunia maya, yaitu lewat forum online atau ftp publik. Namun ftp publik mengandung kelemahan yaitu data2 yang mudah dihapus oleh orang lain. Berbagai cara untuk mengatasi kelemahan ini telah banyak ditempuh namun kurang memuaskan sehingga diinginkan ada suatu server khusus yang menyimpan hal - hal yang berbau budaya visual modern. Kemudian disepakati untuk membeli harddisk secara kolektif dan dipasang suatu server khusus. Akses diberikan kepada mereka yang ikut berkontribusi untuk menyumbang untuk perkembangan server. Ternyata selain menikmati produk budaya visual modern, diinginkan juga untuk menghasilkan suatu produk sehingga berkembanglah usaha - usaha untuk melakukan fansubbing baik untuk anime, manga, PV dll. Untuk mendapatkan dukungan pengembangan kegiatan dan mengingat banyaknya peminat, tercetus ide untuk mendirikan sebuah unit yang berlandaskan budaya visual modern. Diadakan beberapa pertemuan untuk membahas pendirian unit ini dan pada akhirnya pada tanggal 25 Juni 2005 berdirilah Genshiken.

Keadaan unit sekarang?
Genshiken telah merilis produk fansubbing anime Tsubasa Reservoir Chronicles episode 1-9, fansubbing manga school rumble dan fansubbing PV/video clip J-Pop.
Sekarang unit Genshiken telah memiliki server dengan kapasitas terbesar di ITB yaitu sebesar 1,32 TB untuk menampung anime dan direncanakan akan berkembang terus seiring dengan perkembangan anggota unit. Selain server anime, sekarang sudah dirintis server khusus untuk Tokusatsu dan akan segera diwujudkan. Tidak tertutup kemungkinan server - server khusus lainnya seperti untuk manga, dorama, PV, mp3, film barat dll akan segera dirintis.
Sampai saat ini, Genshiken masih belum resmi menjadi unit kegiatan mahasiswa di ITB. Namun, kami masih memperjuangkan agar Genshiken ini dapat diresmikan menjadi salah satu unit kegiatan mahasiswa di ITB, salah satunya dengan mengadakan acara Akiramenai ini.
SANTAI ITU PERLU TAPI SERIUS YANG BIKIN MAJU !!!!
So my dear friends, are we just gonna sit down and keep hoping "he/she will do the job, I'll just relax here and watch anime"???
This is our club!!!!, this is our community!!!, this is our family !!!
[