Author Topic: Genshiken goes to Multikampus & wajib unit  (Read 311 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline chrodechild

  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 76
  • I'm genius!
Genshiken goes to Multikampus & wajib unit
« on: November 27, 2011, 11:14:40 PM »
Karena ini sangat penting, harap massa Genshiken membaca, memberi pendapat dan menyebarkannya ke massa Genshiken yang lain.

Jadi, duduk bareng KM ITB hari sabtu 26112011 membahas tentang multikampus, penerimaan mahasiswa baru dan kaderisasi unit.
Notulensi akan disusulkan dari arsip KM ITB nya sendiri, tapi yang perlu kita perhatikan adalah :



1. Multikampus


Tahun ajaran 2012 nanti, kampus ITB di Jatinangor sudah mulai berpenghuni. Sekitar 8 jurusan baru akan ada disana, dan mereka, sebagaimana mahasiswa ITB lainnya, berhak untuk masuk ke unit kegiatan mahasiswa ITB. Sebagai unit yang baik, kita harus memfasilitasi mereka jika ada yang berminat masuk ke Genshiken.
Entah untuk jangka panjang akan ada Genshiken cabang jatinangor dengan 2 wakil ketua di dua tempat dan bph dobel untuk mempermudah koordinasi, tapi yang jelas kita harus mulai memikirkan GST 2012 yang lebih berapi api dari sebelumnya.

Dari diskusi KM ITB sendiri, kemungkinan akan dibentuk sistem seperti BEM UI atau Unpad, tapi yang jelas, tahun pertama sebagai avant garde disana harus di kader, apapun yang terjadi hingga mereka bisa jadi mandiri.
Saya harap Genshiken juga seperti itu. Kader mereka pelan pelan, hingga mereka jadi mandiri dan bisa dilepas sendiri atau mungkin membuat sistem baru yang lebih cocok digunakan di jatinangor daripada di ganeca, tetapi kita masih dalam satu atap Genshiken.

Untuk informasi, ITB menyediakan bus shuttle bolak balik dago-jatinangor yang bisa di carter unit demi kemudahan mobilisasi
selain itu, mahasiswa di jatinangor akan tinggal di asrama susun dengan total mahasiswa 400 orang.



2. Kaderisasi dan Wajib unit


Tahun ajaran 2012/2013 akan diadakan wajib unit untuk TPB. Entah sistem kemahasiswaan yang masih labil gimana, tetapi saya ingin Genshiken bersiap untuk itu. Karena dengan demikian, sistem kaderisasi kita akan diperketat lagi, dan jumlah pengkader harus mencukupi untuk mengkader anggota baru. Tarik ulur pengkader unit dengan himpunan pasti ada, namun yang saya tekankan disini, himpunan dan unit itu sejajar. Pilihlah prioritas dengan bijak. Demi masa depan ITB yang lebih indah.

Ohya, terkait wajib unit, tahun depan mahasiswa yang membutuhkan unit, jadi kita bisa semena mena harus menyambut calon anggota baru dengan baik hati dan ramah tamah  :cool:

Tambahan, KM ITB ingin menarik benang merah sistem kaderisasi setiap unit yang which is, cukup susah di tarik benang merahnya, dan ada isu kalau semua pelantikan ketua lembaga akan di pukul rata di 1 bulan yang sama. Entah realisasinya gimana.



Keterangan selanjutnya akan ditambahkan setelah notulensi tersedia.
Mohon maaf jika ada kata kata yang salah.
Terima kasih.
Demi dunia yang penuh dengan nyappy dan cheesecake..

Offline acesofthesky

  • Loli Connoisseur
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 652
  • /アッカリ~ン\
    • Blog
Re: Genshiken goes to Multikampus & wajib unit
« Reply #1 on: November 28, 2011, 06:43:10 AM »
Ini thread dimana kita boleh diskusi kan?

Untuk di Jatinangor berarti Genshiken disana jadi angkatan baru kan? (Tidak ada senior yang bisa mengawasi setelah kader)
Dan menurutku, untuk angkatan muda (yang baru masuk kuliah) itu kurang bisa dalam mengurus sebuah organisasi (makanya ada kaderisasi kan), maksudku, kita selama ini kaderisasi dengan tujuan penurunan ilmu teknis, bukan organisasi; jadi kaderisasi macam apa yang kita butuhkan untuk membentuk pribadi yang sanggup mengurus organisasi walaupun berada di tahun pertama ITB yang luar biasa sibuk?

Offline miapapun

  • Genshiken Staff
  • *
  • Posts: 197
  • The Selecao
    • .no nothing heart.
Re: Genshiken goes to Multikampus & wajib unit
« Reply #2 on: November 28, 2011, 11:52:52 AM »
mau berkomentar juga, setidaknya jadi tempt diskusi.

Seperti yang didengar-dengar (meski masih isu), TPB ITB tahun ajaran 2012 tidak akan ditempatkan di Jatingangor, sehingga memudahkan untuk penerimaan anggota baru dan pengkaderisasian. Namun jangan ditelan bulat-bulat, karena ada kemungkinan-kemungkinan yang muncul dengan adanya ITB Jatinangor :
1. TPB ditempatkan di Jatinangor (tentu akan susah banget karena nggak ada perwakilan dari Genshiken yang bisa mengatur di sana)
2. Salah satu dari Staff G'11 kemungkinan akan mendapatkan jurusan yang berada di Jatinangor, yang menjadi masalah apakah ada, berapa orang, dan bagaimana pengaturannya.

Soalnya yang kayak dibilang Dhani, kaderisasi yang diadakan Genshiken selama ini lebih ke penurunan ilmu untuk bekerja, bukan untuk berorganisasi. Kalau mau yang cocok ya mau nggak mau paling lambat awal semester genap 2012 sudah bikin LKO yang lebih bersifat keorganisasian untuk menghadapi situasi seperti ini.

Kondisi terburuk ya, mau nggak mau harus ada staff Genshiken yang ditunjuk sebagai penanggungjawab Genshiken di ITB Jatinangor, dan itu tentunya akan menyulitkan satu pihak saja.

Terus untuk soal wajib unit, entah rektorat yang memang ingin membuat agar mahasiswanya ikut semua unit atau tidak, setidaknya ii menjadi 2 sisi mata uang, satu sisi membuat kita semakin banyak calon anggota tetapi hanya sekedar 'anggota', namun bisa membuat unit/himpunan semakin keras. Tidak apa-apa untuk poin pertama, tapi setidaknya untuk poin yang kedua jangan sampai terjadi arogansi unit-himpunan dengan TPB, karena itu bakal justru terjadi sebaliknya. Mungkin pengkaderan lebih baik dibuat secara lebih selektif aja ketimbang dipersulit (meski intinya sama aja), dan maksimalkan GST biar yang memang ingin masuk karena hanya alasan 'wajib unit' bisa memiliki manfaatnya di Genshiken~

itu aja sih, mohon maaf jika ada salah kata.
In the the unchangeable landscape, there are unchangeable creatures.
It was just like a paradise.
It was like Eden, where only the sky changes.

Kalafina - Seventh Heaven

Offline XenoExia

  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 486
  • そこに価値がある!!
Re: Genshiken goes to Multikampus & wajib unit
« Reply #3 on: November 28, 2011, 02:20:20 PM »
1. TPB ditempatkan di Jatinangor (tentu akan susah banget karena nggak ada perwakilan dari Genshiken yang bisa mengatur di sana)

O hai thar :V
Stupid sheep mentality. People taking up some righteous cause they learned about a day ago and never really learning what it is they are for.

Uguu, The Lord gives, and the Lord takes away. Blessed be the name of the Lord.

Offline chrodechild

  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 76
  • I'm genius!
Re: Genshiken goes to Multikampus & wajib unit
« Reply #4 on: November 28, 2011, 07:37:48 PM »
mau berkomentar juga, setidaknya jadi tempt diskusi.

Seperti yang didengar-dengar (meski masih isu), TPB ITB tahun ajaran 2012 tidak akan ditempatkan di Jatingangor, sehingga memudahkan untuk penerimaan anggota baru dan pengkaderisasian. Namun jangan ditelan bulat-bulat, karena ada kemungkinan-kemungkinan yang muncul dengan adanya ITB Jatinangor :
1. TPB ditempatkan di Jatinangor (tentu akan susah banget karena nggak ada perwakilan dari Genshiken yang bisa mengatur di sana)
2. Salah satu dari Staff G'11 kemungkinan akan mendapatkan jurusan yang berada di Jatinangor, yang menjadi masalah apakah ada, berapa orang, dan bagaimana pengaturannya.

Soalnya yang kayak dibilang Dhani, kaderisasi yang diadakan Genshiken selama ini lebih ke penurunan ilmu untuk bekerja, bukan untuk berorganisasi. Kalau mau yang cocok ya mau nggak mau paling lambat awal semester genap 2012 sudah bikin LKO yang lebih bersifat keorganisasian untuk menghadapi situasi seperti ini.

Kondisi terburuk ya, mau nggak mau harus ada staff Genshiken yang ditunjuk sebagai penanggungjawab Genshiken di ITB Jatinangor, dan itu tentunya akan menyulitkan satu pihak saja.

Terus untuk soal wajib unit, entah rektorat yang memang ingin membuat agar mahasiswanya ikut semua unit atau tidak, setidaknya ii menjadi 2 sisi mata uang, satu sisi membuat kita semakin banyak calon anggota tetapi hanya sekedar 'anggota', namun bisa membuat unit/himpunan semakin keras. Tidak apa-apa untuk poin pertama, tapi setidaknya untuk poin yang kedua jangan sampai terjadi arogansi unit-himpunan dengan TPB, karena itu bakal justru terjadi sebaliknya. Mungkin pengkaderan lebih baik dibuat secara lebih selektif aja ketimbang dipersulit (meski intinya sama aja), dan maksimalkan GST biar yang memang ingin masuk karena hanya alasan 'wajib unit' bisa memiliki manfaatnya di Genshiken~

itu aja sih, mohon maaf jika ada salah kata.


kalo yg kemarin ngebahasnya TPB di jatinangor, walo engga juga, harus antisipasi buat multikampus.
Yang di jatinangor ga ada mahasiswa 2011 kok, semua dari 2012, soalnya prodi yang dibuka bener2 baru

Soal wajib unit, kita dapet 2 keuntungan : fasilitas LK lebih banyak (ntah sekre apakabar) sama anggota lebih banyak, pinter2nya kaderisasi emang untuk membuat anggota baru loyal, kalo aku mikirnya, makrab masuk tugas GST, dan TA GST dipamerin eksternal. Tapi tergantung kepengurusan selanjutnya juga.
Dan soal arogansi unit-himpunan dengan tpb, aku ga paham, tapi semoga di genshi tarik2an pengkader terjadi seminimal mungkin.
Demi dunia yang penuh dengan nyappy dan cheesecake..

Offline miapapun

  • Genshiken Staff
  • *
  • Posts: 197
  • The Selecao
    • .no nothing heart.
Re: Genshiken goes to Multikampus & wajib unit
« Reply #5 on: November 28, 2011, 08:00:10 PM »
1. TPB ditempatkan di Jatinangor (tentu akan susah banget karena nggak ada perwakilan dari Genshiken yang bisa mengatur di sana)

O hai thar :V

hi :V

@mama chiro
maksudnya gini, takutnya kalo misalnya mereka semua ngebet untuk masuk unit, ada semacam kesenjangan baik unit maupun himpunan sehingga sengaja menyulitkan tugas-tugas untuk masuk ke organisasi tersebut, ya aku harap semoga tidak terjadi di unit/himpunan manapun terutama Genshiken--
In the the unchangeable landscape, there are unchangeable creatures.
It was just like a paradise.
It was like Eden, where only the sky changes.

Kalafina - Seventh Heaven