Author Topic: Spritting Tutorial Yo!  (Read 289 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Udin

  • The Fool
  • Recruit
  • *
  • Posts: 31
  • 3 Taun msh Recruit...
Spritting Tutorial Yo!
« on: August 29, 2010, 12:35:48 PM »
Salam Genshiken!

Sprite (bukan merk minuman bersoda) merupakan sebuah komponen grafis dalam game. Mulai dari background, character, misc, hingga menu option dalam button. Berdasarkan definisi itulah, ruang lingkup sprite bisa dibilang tidak terbatas...tas...tas...

Sprite ada yang 2D dan ada pula yg 3D. Contoh sprite ada di game manapun. Agar tidak terlalu pusing, maka disini akan dibatasi hanya sprite RPGMaker XP sajah...

RPGMaker XP sendiri adalah sebuah software untuk membuat game rpg dengan format seperti pada final fantasy 4, untuk OS Windows XP. Di dalam software ini sendiri telah terdapat banyak contoh sprite dan dapat di extract ke luar,sehingga kita dapat menjadikannya sebagai template dasar dari pembuatan sprite kita sendiri (soalnya tinggi dan lebar badan sudah ditentukan)

Untuk belajar membuat sprite sendiri, dibutuhkan software sejenis Adobe Photoshop, Paint, Gimp, atau GraphicsGale. Yang paling mudah didapat adalah Paint. Kekurangannya adalah Paint tidak ada sistem layer, sehingga template yg digunakan akan terhapus seiring pengeditannya. Bila ingin yang lebih mudah dan murah, dapat memakai Gimp atau GraphicsGale. Pengeditannya lebih mudah karena adanya grid untuk membantu pewarnaan (karena pewarnaan di pixel adalah titik per titik). Untuk yg lebih advance, (seperti memberi efek, transparency, blurring, dkk) dapat menggunakan Adobe Photoshop.

Untuk sementara sampai sini dulu. Tutorial lebih lanjut akan dicantumkan kemudian...
ノットヂスシットアゲン!!!

Offline zeroyuki

  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 372
  • nguahhh.... >.<
Re: Spritting Tutorial Yo!
« Reply #1 on: August 31, 2010, 07:17:34 AM »
Lol, sdikit koreksi
RPG Maker XP maksudnya bukan RPG Maker untuk windows XP, tapi emang namanya begitu XD

sisanya gw udah no commento XD

Offline Tensai_Marukyuu

  • Heavy Metal Ilgam
  • Global Moderator
  • *****
  • Posts: 293
  • あたいは最強!
Re: Spritting Tutorial Yo!
« Reply #2 on: September 25, 2010, 10:05:58 PM »
I demand more Tutorial !
seperti cara penggunaan graphic gale dan tips2 dalam spriting...


Offline restava

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 103
  • wah..wah..wah..
Re: Spritting Tutorial Yo!
« Reply #3 on: September 26, 2010, 10:33:41 AM »
kk klo mo bwt musuhnya yg gerak itukan butuh script
caranya gimana?

apa ada ygg punya e-booknya?
« Last Edit: September 26, 2010, 10:49:13 AM by restava »
Quote
[spoiler]there's only two choice, good choice or better

Offline ADIT

  • Superficially Busy Youkai
  • Administrator
  • *****
  • Posts: 820
  • Guys do their best now and are preparing
Re: Spritting Tutorial Yo!
« Reply #4 on: September 26, 2010, 11:02:41 AM »
Orangnya lagi sibuk osjur,lol

Kalo dalem RPG maker setau gw ga butuh script tambahan kalo mau bikin animasi sprite, Semuanya udah otomatis. Kalo bukan pake RPGmaker harus manual dirubah gambarnya tiap frame, kodenya ga begitu susah koq.

 Kalo mau bisa gw kasih contoh sprite2 yang pernah dibuat si Udin.
« Last Edit: September 26, 2010, 11:04:26 AM by anonymous »


Seven Five Colored Puppeteer

Offline restava

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 103
  • wah..wah..wah..
Re: Spritting Tutorial Yo!
« Reply #5 on: September 26, 2010, 01:35:33 PM »
sep2 bisa di upload ga??

kalo bisa tlg di upload di rileks...
Quote
[spoiler]there's only two choice, good choice or better

Offline kuro_neko

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 163
  • I am THE FORGOTTEN ONE
    • CHRO-BLACK ARTWORKS
Re: Spritting Tutorial Yo!
« Reply #6 on: November 25, 2010, 12:58:08 PM »
Tutorialnya mana? -_____-"
Sy maw blajar striping spriting nih~~~~ X3
So, as I pray...
Unlimited Brain Works

Offline Black Mage

  • VVarl0ck of jUnk3rl4nd
  • Commander
  • ******
  • Posts: 1.389
  • BerAPI-API, BerAPI-API, dan BerAPI-API!
    • GCT
Re: Spritting Tutorial Yo!
« Reply #7 on: February 17, 2011, 06:12:31 PM »
di tunggu tutorialnya . . .

saya mau mulai beralih ke spritting nih . . .
"Every game started with something fun. Then we began to add some weird rules, and everyone loses their minds."

- Black Mage
Leader of GCT & Leader of Genshiken Game Division 2011-2013.

Offline Black Mage

  • VVarl0ck of jUnk3rl4nd
  • Commander
  • ******
  • Posts: 1.389
  • BerAPI-API, BerAPI-API, dan BerAPI-API!
    • GCT
Re: Spritting Tutorial Yo!
« Reply #8 on: May 16, 2011, 05:40:21 PM »
sengaja double post agar thread ini naik ke permukaan lagi . . .
(kalau bermasalah, satuin aja sama yang di atas)

masihkah "senpai Udin" akan melanjutkan tutorial nya?
soalnya saya merasa kalau saya benar-benar butuh tutor spritting . . .
mengingat di genshiken'10 spriter (hampir) tidak ada . . .
jadi saya mengorbankan diri saya untuk belajar spriting . . . :devil:
he he he

mohon petunjuknya . . .
"Every game started with something fun. Then we began to add some weird rules, and everyone loses their minds."

- Black Mage
Leader of GCT & Leader of Genshiken Game Division 2011-2013.

Offline MetaChia

  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 738
  • the forgotten one
    • Chia's gallery
Re: Spritting Tutorial Yo!
« Reply #9 on: August 14, 2011, 04:41:53 AM »
oyea, dan kemaren pas saya nanya senpa udin dia mengatakan sebuah kalimat yang hebat
"kebanyakan yang menjadi spriter di genshiken berawal dari keterpaksaan"

dan kelihatannya kalo gak terpaksa memang gak bakal ada yang mau ngurus gambar mini kotak-kotak yang biasa kita lihat dalam game itu...
ayo, jalankan lagi tutorial spritingnya~!