Author Topic: [diskusi] Papercraft  (Read 2338 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline X3

  • --|| Eiyuu ||--
  • Administrator
  • *****
  • Posts: 3.308
  • hehehe
    • It's Challenging, Not Difficult
Re: [diskusi] Papercraft
« Reply #15 on: September 17, 2008, 11:17:36 am »
ada tuh origami kura kura di sebelah :D .... bahas origami di sebelah aja ya...
kecuali kalo moderator memutuskan untuk dimerge saja :)

gw milih papercraft soalnya figurine mahal >_>
daripada beli figurine mending dipake buat beli harddisk.... :p


Setuju... Kalo udah jadi terasa puas kok bikin desain walau pake kertas saja...

Kalo selama ini untuk papercrafting saya pake:
- Kertas: BC Lux (ada di Ganesha Stationery, tanya aja... 10 lembar harganya 3000... kyknya sih A4 160gram), kadang2 pake A4 80gr untuk bagian2 yang agak rumit dan perlu ditekuk2 sering dan perlu fleksibilitas tinggi o.o
- Lem: Fox Putih, kadang2 pake lem kertas biasa
- Gunting: Ya... gunting biasa... tapi nggak dipake buat gunting2 yang lain alias gunting khusus kertas
- Pinset
- Tusuk Gigi (Gunanya? Kalo bikin yang rumit2 bakal tau deh)
- Cutter
- Penjepit... euh... apa namanya yah...
- (kalo ada hal lain yang diperlukan seperti... koin, dsb)

:rolleyes:
Aquamarine.
Sebelum ngepost, silahkan baca: Peraturan Umum Forum Genshiken
It's Challenging, Not Difficult

Offline Psylo

  • Vampire
  • Commander
  • ******
  • Posts: 1.004
    • hitam dan putih
Re: [diskusi] Papercraft
« Reply #16 on: September 17, 2008, 11:24:35 am »
Oh ya, masalah kertas, kemarin dapet saran... katanya pake kertas padalarang enak juga...
mirip dengan bc-lux, tapi lebih keras, jadi gak gampang penyok.... :)

ada gak ya, kertas yang lembut dan fluffy fluffy? biar bisa bikin boneka dari kertas sekalian XD

alat dan bahan yang gw pake:
- kertas Bc-lux dan HVS (tergantung bagiannya. kalo detil kecil dan bukan bagian yang menopang bagian lain, gw pake HVS. lebih mudah dilipet dan ringan)
- lem fox putih
- tusuk gigi (selain untuk tujuan yang sama dengan X3 , gw juga pake buat ngeratain lem)
- gunting dan cutter (tentu saja untuk motong :D )
- kardus kecil bekas harddisk portable (buat bawa bawa papercraft yang mau dibikin)

for X3: ShowHide
 dapet banyak desain baru lho :3

Offline Akira

  • Administrator
  • *****
  • Posts: 1.502
Re: [diskusi] Papercraft
« Reply #17 on: September 17, 2008, 12:05:02 pm »
wow...
mang pada pernah bikin ape aje dari kertas???
I trust machines, and I know that, objectively, I'm a shut-in. But if you really think that's an insult, then I can't begin to imagine how diseased your brain may be
- Akasaka Ryuunosuke

Offline FullMetalPenguin

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 102
  • I want YOU for Witches
Re: [diskusi] Papercraft
« Reply #18 on: September 17, 2008, 07:15:14 pm »
Alat dan bahan (terutama bahan) ya tergantung dari jenis dan ukuran yang mao dibikin sih...

Pada suka bikin pake Pepakura Viewer gak?

FYI buat yang blm tau, Pepakura Viewer itu emang program freeware khusus buat bikin pepakura/papercraft yang filenya .pdo. Pake program ini kita bisa lihat model 3d yang udah jadi dan bisa di 'unconstruct' dan di layar sebelahnya ada polanya dan bisa kita lihat pola yang mana ditempel ke yang mana dsb...
"Cum somnus finis, Razgriz surget iterum..."
The Unsung War

Offline X3

  • --|| Eiyuu ||--
  • Administrator
  • *****
  • Posts: 3.308
  • hehehe
    • It's Challenging, Not Difficult
Re: [diskusi] Papercraft
« Reply #19 on: September 18, 2008, 06:45:52 am »
Itu kan viewernya saja :rolleyes: kalo mw software buat bikinnya kan bayar... sekitar US$ 38... kalo ga salah... Mau patungan buat beli? :D . Udah lama punya plan bareng Psylo buat beli softwarenya... cuma berhubung lupa terus... jadi ga beli2 deh :p .

Kalo mau coba desain pake 3dsmax mungkin bisa juga... tinggal un-wrapping 3d ke 2dnya yang mungkin agak rumit (terutama kalo pake banyak poligon alias gambarnya jadi terlalu halus lalala~) :rolleyes:
Aquamarine.
Sebelum ngepost, silahkan baca: Peraturan Umum Forum Genshiken
It's Challenging, Not Difficult

Offline FullMetalPenguin

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 102
  • I want YOU for Witches
Re: [diskusi] Papercraft
« Reply #20 on: September 18, 2008, 09:07:59 am »
Itu kan viewernya saja :rolleyes: kalo mw software buat bikinnya kan bayar... sekitar US$ 38... kalo ga salah... Mau patungan buat beli? :D . Udah lama punya plan bareng Psylo buat beli softwarenya... cuma berhubung lupa terus... jadi ga beli2 deh :p .

Kalo mau coba desain pake 3dsmax mungkin bisa juga... tinggal un-wrapping 3d ke 2dnya yang mungkin agak rumit (terutama kalo pake banyak poligon alias gambarnya jadi terlalu halus lalala~) :rolleyes:

Pepakura Viewer kan buat bikin pepakura nya, kalo bikin pola n model pepakura nya ya pake Pepakura Designer itu. Buat beli Pepakura Designer kita jualin pepakura yang dah jadi aja... :)

Pake 3dsmax emang bisa juga seh, tapi kalo poligonnya kebanyakan ya jadi susah dong bikin pepakura-nya, nanti partnya kecil2...
"Cum somnus finis, Razgriz surget iterum..."
The Unsung War

Offline Lamza

  • Justice
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 751
  • I'll bring the light for you
    • way to go...
Re: [diskusi] Papercraft
« Reply #21 on: September 20, 2008, 08:00:17 am »
Waduh kata2 tingkat tinggi. Saia tidak mengerti. Bisakah anda memberikan contoh?
________________
Endless resonance ~ resonance 'till the end

Offline X3

  • --|| Eiyuu ||--
  • Administrator
  • *****
  • Posts: 3.308
  • hehehe
    • It's Challenging, Not Difficult
Re: [diskusi] Papercraft
« Reply #22 on: September 20, 2008, 10:25:48 am »
Contoh? contoh apa? Papercraftnya? atau desainnya? atau apanya? o_Oa ... Kalo contoh... rasanya waktu ohu sudah sempat diperlihatkan di stand genshiken kok :D

atau kalau masih penasaran, ada buatan salah seorang rekan kita di sini kok:
Neko
Aquamarine.
Sebelum ngepost, silahkan baca: Peraturan Umum Forum Genshiken
It's Challenging, Not Difficult

Offline FullMetalPenguin

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 102
  • I want YOU for Witches
Re: [diskusi] Papercraft
« Reply #23 on: September 20, 2008, 10:27:02 am »
Waduh kata2 tingkat tinggi. Saia tidak mengerti. Bisakah anda memberikan contoh?

Ya kira2 tampilannya seperti ini... Moga2 ada yang tertarik :)
"Cum somnus finis, Razgriz surget iterum..."
The Unsung War

Offline Akira

  • Administrator
  • *****
  • Posts: 1.502
Re: [diskusi] Papercraft
« Reply #24 on: September 20, 2008, 11:19:42 pm »
kawaiiii!!!
I trust machines, and I know that, objectively, I'm a shut-in. But if you really think that's an insult, then I can't begin to imagine how diseased your brain may be
- Akasaka Ryuunosuke

Offline lokiyuki

  • Moderator
  • *****
  • Posts: 283
  • i'm not late!!
    • blog
Re: [diskusi] Papercraft
« Reply #25 on: September 22, 2008, 06:58:47 am »
kertas...
kertas yang bagus buat pepakura...
apa yah?? :P

edit... omg ga liat halaman 2... -_-
yasudah pertanyaan lain...
kalo kertas dari sketch book kira2 bisa ga yah... :rolleyes:
« Last Edit: September 22, 2008, 07:02:31 am by lokiyuki »
makin sulit membagi waktu.. >__>

Offline X3

  • --|| Eiyuu ||--
  • Administrator
  • *****
  • Posts: 3.308
  • hehehe
    • It's Challenging, Not Difficult
Re: [diskusi] Papercraft
« Reply #26 on: September 22, 2008, 12:40:12 pm »
Mungkin bisa... Silahkan bereksperimen sendiri dengan kertas-kertas yang Anda punya. Kertas A4 standar aja masih sering saya pake untuk bagian-bagian tertentu... hehehe.
Aquamarine.
Sebelum ngepost, silahkan baca: Peraturan Umum Forum Genshiken
It's Challenging, Not Difficult

Offline FullMetalPenguin

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 102
  • I want YOU for Witches
Re: [diskusi] Papercraft
« Reply #27 on: September 22, 2008, 07:47:51 pm »
Kalo jenis kertas ya tergantung ukuran papercraftnya juga. Kalo pake kertas tebel2 buat bagian kecil2 kadang2 susah dilipat n jelek jadinya. Jadi bikinnya pake feeling juga lah...
"Cum somnus finis, Razgriz surget iterum..."
The Unsung War

Offline Lamza

  • Justice
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 751
  • I'll bring the light for you
    • way to go...
Re: [diskusi] Papercraft
« Reply #28 on: September 23, 2008, 02:10:54 pm »
Waduh kata2 tingkat tinggi. Saia tidak mengerti. Bisakah anda memberikan contoh?

Ya kira2 tampilannya seperti ini... Moga2 ada yang tertarik :)

kya.............
keren banget....
kalo softwarenya pake apa??? ada yang freeware ga??
________________
Endless resonance ~ resonance 'till the end

Offline ryuji_shingo

  • Moderator
  • *****
  • Posts: 411
    • Raizer Headquarter
Re: [diskusi] Papercraft
« Reply #29 on: September 23, 2008, 06:22:00 pm »
oh, ternyata papercraft begitu toh...keren juga sih, tertarik bikin.tapiii,,klo misalnya kita udah capek2 bikin trus papercraftnya jatoh + kegencet orang, epic failure juga kan tuh...>_>

apalagi klo kena aer...bs repot tuh >.<

eniwe, ada papercraft monster hunter ga yah?