Genshiken Forums

Support Board => Bahasa => Topic started by: lemonsile on November 07, 2008, 10:11:44 AM

Title: Bahasa Indonesia!
Post by: lemonsile on November 07, 2008, 10:11:44 AM
Selamat siang/pagi/sore/malam. (Ini jejaring yang waktunya paralel bukan?)

Pertama saya ingin bertanya kepada moderator yang mengurusi forum internet ini, bolehkan topik ini dimulai. Karena di dalam thread?butuh terjemahan ini mengkhususkan untuk membahas bahasa maka sekiranya dibolehkan membahas bahasa Ibu Pertiwi. Saya memaksudkan di topik ini kita menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Kemudian dalam perkembangannya kita dapat membahas mengenai Bahasa Indonesia sendiri. Pembicaraan yang serius misalnya, "eksistensi Bahasa Indonesia saat ini". Bisa juga pembahasan yang lain. Tetapi mungkin akan dirasa lebih menarik jika kita santai saja, maka dibolehkan juga (disarankan) untuk membahas literatur Bahasa Indonesia itu sendiri.

Jadi marilah kita berbahasa dengan baik dan benar. Sambil kita hargai karya bahasa bangsa kita, Bahsa Indonesia.


*diamuk massa*
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: Al-K-No-At on November 28, 2008, 09:48:39 PM
Memang, tidak dapat dipungkiri lagi bila Bahasa Indonesia yang baik dan benar memang sulit untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, Bahasa Indonesia itu sendiri merupakan bahasa yang sangat sulit juga untuk dipelajari. Jadi, banyak orang Indonesia sendiri sungkan untuk mempelajarinya.

Sekian dan Terima Kasih
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: edogawaconan on November 29, 2008, 10:16:25 PM
Bagaimana kalau seseorang memberitahu saya penulisan yang benar itu "di sini" atau "disini"? :o
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: Amateurasu on November 29, 2008, 10:23:25 PM
bukannya kalo menyatakan tempat mesti dipisah?
di rumah...
di kantor...
di sana...
di sini...

-mampir bentar setelah sekian lama-
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: lemonsile on November 30, 2008, 03:50:49 AM
Koreksi untuk balasan sebelum saya. Tentang ejaan dalam beberapa kata.
Namun penjelasan yang diberikan memang sudah benar, untuk penggunaan sebagai penunjuk tempat memang terpisah dengan kata tempatnya. Di lain waktu 'di' bisa menjadi imbuhan juga, inilah yang seringkali membuat bingung. Bagaimana membedakan 'di' sebagai imbuhan dan 'di' sebagai kata depan.
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: edogawaconan on November 30, 2008, 08:30:53 PM
Kalau "dimana"?
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: Amateurasu on November 30, 2008, 09:36:52 PM
karena "dimana" bersifat menanyakan, tulisannya disambung. Nah kalo di+[kata kerja] juga disambung.
dikerjakan...
ditangani...
disambung...
dijahit...

-mampir lagi bentar setelah sekian lama-
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: alamakboy on December 01, 2008, 08:50:26 AM
Jika menanyakan suatu tempat bukankah dipisah juga?
Misalnya:
- Sepatu saya ada di mana?
- Di mana dia tinggal?

Jika disatukan, contohnya adalah sebagai berikut:
- Gaya Newton dapat dirumuskan dengan persamaan F = ma dimana m adalah massa benda dan a adalah percepatan benda tersebut

(EDIT: Lupa kalau kita harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar)
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: Akira on December 01, 2008, 11:11:20 AM
ada pertanyaan menarik yang pernah saya temukan...
ke atas = naik
ke bawah = turun
ke kanan atau ke kiri = geser
ke dalam = masuk
kalau 'ke luar'??
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: Psylo on December 01, 2008, 11:20:15 AM
keluar itu kata kerja yang menunjukkan perpindahan dari sisi dalam ke sisi sebelah luar...
kalo ke luar itu kata petunjuk arah atau tujuan yang menunjukkan luar

jadi keluar dan ke luar itu beda... contoh beda penggunaannya sebagai berikut
Rumah itu menghadap ke luar.
Saya keluar dari rumah itu.

jadi untuk jawaban pertanyaan di atas, ke luar = keluar :D
 
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: Akira on December 01, 2008, 11:44:14 AM
pertanyaan diatas adalah pertanyaan yg pernah diajukan kepada saya oleh seseorang..
dan jawaban2 diatas juga sudah saya sampaikan..

dan itu salah...
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: Psylo on December 01, 2008, 12:12:45 PM
Baiklah, ini apa yang ditulis dalam KBBI

naik = bergerak ke atas atau ke tempat yg lebih tinggi
turun = bergerak ke arah bawah; bergerak ke tempat yg lebih rendah dp tempat semula
geser = beringsut; beralih sedikit
masuk = datang (pergi) ke dalam (ruangan, kamar, lingkungan, dsb)
keluar = bergerak dr sebelah dalam ke sebelah luar

kalau pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang menyamakan sesuatu dengan sesuatu lainnya, maka keluar itu jawaban yang tepat. Kalo tidak tepat, silahkan katakan kenapa tidak tepat dan tolong berikan jawaban tepatnya. :)
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: Akira on December 01, 2008, 12:16:34 PM
Baiklah, ini apa yang ditulis dalam KBBI

naik = bergerak ke atas atau ke tempat yg lebih tinggi
turun = bergerak ke arah bawah; bergerak ke tempat yg lebih rendah dp tempat semula
geser = beringsut; beralih sedikit
masuk = datang (pergi) ke dalam (ruangan, kamar, lingkungan, dsb)
keluar = bergerak dr sebelah dalam ke sebelah luar

kalau pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang menyamakan sesuatu dengan sesuatu lainnya, maka keluar itu jawaban yang tepat. Kalo tidak tepat, silahkan katakan kenapa tidak tepat dan tolong berikan jawaban tepatnya. :)

yah..
saya lupa alasan mengapa itu dianggap salah..
tapi memang jawaban yang benarny benar2 ada.

lalu...
saya sempat membaca entah dimana,,
konon kabarny bahasa-bahasa gaul akan dimasukan ke dalam KBBI,,
adakah yang pernah membaca berita yang sama??
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: KID Kaitou on December 01, 2008, 07:42:21 PM
Selamat malam, salam sejahtera,,
Kata "mencontek" itu kata dasarnya "contek" atau "sontek",??
Kita sudah tahu konsekuensi berbahasa Indonesia, tapi mengapa masih banyak orang yang salah kaprah dalam penggunaan bahasa Indonesia, bahkan kalau pembetulannya diberitahu, mereka malah menganggpa hal tersebut aneh,,
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: Akira on December 01, 2008, 07:57:20 PM
konon kabar dari guru bahasa indonesia saya yang betul itu sontek

lalu...
soal menghafal rumus luar kepala saat ujian,,
bukankah berarti kita diijinkan untuk membawa daftar rumus yang berada di luar kepala kita???
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: KID Kaitou on December 01, 2008, 07:59:58 PM
soal menghafal rumus luar kepala saat ujian,,
bukankah berarti kita diijinkan untuk membawa daftar rumus yang berada di luar kepala kita???

Yang benar : "Menghapal" , "izin"
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: alamakboy on December 03, 2008, 09:02:52 PM
Lalu bagaimana dengan penyerapan kata Bahasa Inggris "Cosmic"

Manakah yang benar? "Kosmik" atau "Kosmis"?
Apakah ada yang tahu?

Saya mengalami kesulitan ini ketika kemarin mengerjakan poster KPIP
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: lemonsile on December 03, 2008, 09:09:50 PM
Ya, 'Sontek' adalah bentuk kata dasar yang benar. Konon...

Soal 'luar kepala' bukankah itu hanya berupa makna kiasan? Sama saja seperti orang yang berkepala batu tidak mungkin kepalanya benar-benar terbuat dari batu bukan?
Kenapa kiasannya adalah 'luar kepala' mungkin dikarenakan berada di luar kepala berarti kita sudah mengingat dengan baik sehingga walau dikeluarkan sekali pun bisa ditemukan dengan cepat.
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: Akira on December 03, 2008, 09:48:57 PM
kalau kepala batu dianggap kiasan itu wajar. karena itu 100% mustahil dan tidak mungkin terjadi..
namun kalau soal diluar kepala itu kan masih sangat mungkin...
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: lemonsile on December 03, 2008, 09:54:13 PM
Hmm, apakah mungkin meletakkan sesuatu benar-benar di dalam kepala? Membuka kepala seperti membuka toples dan memasukkan sesuatu ke dalamnya.
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: Akira on December 03, 2008, 11:02:36 PM
Hmm, apakah mungkin meletakkan sesuatu benar-benar di dalam kepala? Membuka kepala seperti membuka toples dan memasukkan sesuatu ke dalamnya.

dengan operasi tinggkat lanjut sekarang hal tersebut tidaklah mustahil saya rasa
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: lemonsile on December 13, 2008, 09:39:26 PM
Kalau begitu itu sudah di luar pembahasan. Kaitannya kepada relevansi sebuah istilah pada tingkatan zaman atau peradaban. Mungkin ada kemiripan dengan peyorasi dan ameliorasi (dan beberapa lainnya), yang menjelaskan berubahnya makna suatu kata akibat perubahan zaman.
Seperti contoh yang paling mudah adalah dulu konon kata 'Mahasiswa' biasa digunakan untuk menyebut orang-orang pintar. Tapi di zaman sekarang kata tersebut hanya digunakan untuk menyebut mereka yang sudah lulus pendidikan tinggi. Semacam itu.

Jadi kalau sudah membawa kasus seperti operasi tingkat lanjut yang menanamkan memori ke dalam otak (selebral?) itu membawa pertanyaan ke relevansi istilah tersebut ke masa yang akan datang.
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: Akira on December 14, 2008, 12:58:16 AM
hem..
mungkin maksud yg diatas bukanlah mahasiswa.
mahasiswa baik dulu maupun sekarang nampakny tetap orang-orang yang masih belajar di perguruan tinggi.
sedangkan untuk menyebut orang pintar, yang dipakai adalah kata sarjana
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: Hertha on December 17, 2008, 04:26:05 PM
Ya, 'Sontek' adalah bentuk kata dasar yang benar. Konon...

Soal 'luar kepala' bukankah itu hanya berupa makna kiasan? Sama saja seperti orang yang berkepala batu tidak mungkin kepalanya benar-benar terbuat dari batu bukan?
Kenapa kiasannya adalah 'luar kepala' mungkin dikarenakan berada di luar kepala berarti kita sudah mengingat dengan baik sehingga walau dikeluarkan sekali pun bisa ditemukan dengan cepat.


yang benar adalah "disebabkan"

kata yang seringkali orang-orang salah menggunakannya
 
walau kalian sering dengar banyak orang memakai kata 'dikarenakan', bukan berarti itu benar atau sudah dibenarkan....

kalau menulis 'dikarenakan' di karya tulis (seperti skripsi, thesis, disertasi) bisa dipermasalahkan oleh dosen, atau professor, atau siapapun (sama dosen TTKI aja langsung dicoret koq :p)

sorry, it's not quite related, but somehow relevant to the topic (speaks english at Indonesian language topic!?? now that's an attitude!!)

hahahahaha....
maaf, tidak bisa menahan diri...

 

Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: ian87 on December 18, 2008, 12:49:20 PM
banyak salah kaprah ....
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: Al-K-No-At on January 31, 2009, 10:34:31 AM
Benar, terlalu banyak kesalahan dalam penggunaan bahasa indonesia, terutama dalam kehidupan sehari-hari, sehingga memicu pemahaman yang salah juga...

Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: edogawaconan on February 02, 2009, 12:01:52 PM
luar kepala...
buku? :p
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: melonthealchemist on February 03, 2009, 05:20:37 PM
*duh liat thread ini jadi inget TTKI tadi...

Menurut saya, memang bahasa kita itu masih kurang dipahami secara benar oleh pemiliknya. Namun, rendahnya tingkat kepahaman itu janganlah dijadikan alasan untuk menggunakan bahasa lain agar orang lain mengerti maksud dari apa yang ingin kita sampaikan. *duh, ini satu kalimat? :p
Cintailah bahasa Indonesia!
Spoiler: ShowHide
saya juga masih berusaha..
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: _uchiha_ on April 16, 2009, 08:43:00 PM
hoooo...
gituh,,,

kalo bahasa indonesianya 'moe' apa ya yg paling tepat?

Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: Maiku on April 17, 2009, 09:23:26 AM
Moe = menggairahkan, menarik, membuat semangat membara? Dalam arti positif tentunya :P
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: _uchiha_ on April 17, 2009, 01:35:33 PM
kalo dalam arti negatif??

hihi,, >:D
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: quentin.aermane on April 20, 2009, 10:17:52 AM
moe itu dalam bahasa inggris berarti turn on.
(Wah, salah thread yah... ngga juga sih... buat referensi aja.)

Kalo dibawa ke bahasa indonesia, positifnya seperti yang disebutkan Maiku.
Negatifnya berarti ke arah: merangsang. >:D
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: Akira on April 21, 2009, 12:05:39 AM
kalau begitu berarti thread "saimoe" itu bisa berpotensi menjurus ke arah negatif dong??
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: quentin.aermane on April 21, 2009, 09:46:56 AM
Mungkin...
Well, bergantung kepada cara pikir masing-masing orang yang ada di dalamnya juga -_-
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: _uchiha_ on April 21, 2009, 07:15:08 PM
err~~

cara pikir yg gimana?
@.@

deskriptif?persuasif?
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: Akira on April 21, 2009, 10:34:51 PM
inovatif dan kreatif tentunya
hahahaha...
Title: Re: Bahasa Indonesia!
Post by: IlluminaSeeker on April 05, 2011, 11:44:15 PM
Sehubungan dengan adanya alamat baru untuk forum Genshiken tercinta,
alangkah baiknya jika hal ini disertai dengan meramaikan suasana thread ini

Sudah hampir setahun thread ini dibiarkan terlunta-lunta,
apakah hal ini mengindikasikan rendahnya minat untuk belajar maupun berdiskusi mengenai bahasa nasional kita?

Salam hangat,
-loliconmasterylv99-